YUK NOSTALGIA KE MUSEUM ANAK KOLONG TANGGA

posted in: Jogjapedia | 0

Kamu masih inget nggak mainan apa aja yang kamu mainin waktu kecil? Kalo Flo sih dulu sering banget main masak-masakan, congklak, boneka kertas,  banyak deh. Saking banyaknya jadi lupa apa aja hahaha :p

Btw, kalo kamu pengen ngobatin rasa kangen sama masa kecil kamu, mending ke Museum Anak Kolong Tangga deh. Museum ini letaknya ada di Jalan Sriwedari No.1, masih satu lokasi sama Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Lebih tepatnya sih di bawah tangga Concert Hall. Makanya namanya jadi Museum Anak Kolong Tangga. Gitu.

FYI, museum ini didirikan sama Pak Rudi Correns, seorang seniman asal Belgia. Jadi, awalnya beliau itu khawatir banget sama remaja jaman sekarang yang cenderung suka lupa budaya 🙁

Makanya, beliau ngerelain koleksinya buat dijadiin museum. Ada juga sih yang dikasih sama para donatur. Nggak heran dong kalo jumlah koleksinya udah mencapai 10.000 mainan. Selain mainan tradisional Indonesia, museum ini juga punya koleksi mainan dari beberapa negara di dunia lho.

Oya, museum ini buka setiap hari kecuali hari Senin, karena biasanya dipake buat perawatan koleksi. HTMnya cuma Rp Rp 4.000,00 per orang. Ada juga katalog museum yang bisa kamu dapetin seharga Rp 3.000,00.

Cuma sayangnya nih, kamu harus bayar Rp 5.000 kalo mau motret koleksinya. Yah, masih terjangkau lah ya.

Teks & Foto: Flo