Wisata Ke Taman Sari

posted in: Jogjapedia | 0

Satu dari sekian banyak tempat wisata yang bersejarah di  Yogyakarta adalah Istana Air Taman Sari Yogyakarta yang terletak di Jalan Taman,Yogyakarta. Deket sama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan cuma butuh waktu 15 menit dari alun-alun utara keraton.

Dulu Taman Sari adalah tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Nah, sekarang tempat ini merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang udah jadi tempat wisata popular.

Ada 57 bangunan yang terdiri dari kompleks kolam pemandian, danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, kanal air, taman, lorong bawah tanang, serta beberapa gedung dengan arsitektur Eropa, China, Jawa, Hindu, Buddha, dan Islam. Tapi sekarang luas Istana Air Taman Sari udah berkurang drastis karena beberapa kompleks yang udah jadi pemukiman penduduk.

Kamu bisa dapetin hasil foto yang keren banget karena bangunan di sini masih terjaga banget keasliannya, dari mulai prewedding, foto buat Outfit of the Day, sampe foto selfie pun bisa kamu coba deh disini.

Harga tiket masuk Taman Sari Rp. 3000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 7000 untuk wisatawan asing. Biasanya di depan pintu masuk kamu bakalan ketemu sama beberapa orang yang menawarkan jasa sebagai pemandu wisata. Mereka tidak mematok tarif dalam jumlah tertentu, tapi biasanya wisatawan memberikan Rp. 25.000 untuk jasa mereka. Taman Sari ini buka dari jam 08.00-14.00  WIB

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | anekatempatwisata.com