Warga Jogja Nonton Gerhana Bulan di Alun-alun Utara

posted in: Depan | 0

Pada Sabtu malam (4/4) kemarin, warga Yogyakarta berkumpul di Alun-alun Utara untuk menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi, yaitu gerhana bulan total.

Acara nonton gerhana bulan itu difasilitasi oleh Jogja Astro Club (JAC) yang menyediakan berbagai macam jenis teropong dan binokuler untuk membantu masyarakat melihat fenomena tersebut lebih jelas. JAC juga memberikan penjelasan-penjelasan mengenai keastronomian serta menghibur warga, terutama anak-anak, dengan menyediakan roket mainan yang kemudian diluncurkan berkali-kali.

2015-04-04 11.12.27 1 2015-04-04 11.24.49 1

JAC adalah komunitas peminat astronomi di Yogyakarta dan sekitarnya yang anggotanya banyak terdiri dari berbagai kalangan. Mereka kerap menggelar kegiatan bersama sebagai penyaluran hobi sekaligus sarana untuk belajar.

Mutoha Arkanuddin, Ketua Umum JAC, menjabarkan, gerhana bulan total seperti ini baru akan terjadi lagi pada tahun 2018. “JAC mencoba mengajak masyarakat untuk ikut menikmati, paling tidak membuat masyarakat yang tadinya penasaran dengan peristiwa ini, menjadi tahu,” ujarnya.

Setiap bulan JAC juga diminta memandu Departemen Agama Kementrian Agama mengadakan kegiatan Rukyatul Hilal bulanan, tidak hanya ketika ramadhan, untuk melakukan pengambilan data setiap bulan mengenai hilal. (Adit)