WAAAH JOGJA MASUK TOP 5 KOTA DESTINASI KULINER SE-INDONESIA NIH!

posted in: Jogjapedia | 0

bakmi-jawa-kadin

Salah satu berkah terbesar lahir sebagai seorang Indonesia adalah kita bisa nyicipin banyak banget jenis masakan enak yang kaya sama bumbu rempah khas nusantara. Coba aja deh kamu tanya sama temen atau sodara kamu yang mayoritas hidupnya di luar negeri, pasti makanan asal daerahnya selalu jadi yang paling mereka kangenin! Mulai dari tempe, rendang, sambel terasi, empek-empek, dan masih banyak lagi kuliner khas nusantara yang nggak bakalan bisa mereka temuin di belahan bumi lain, hadir melimpah di sini.

Itu kenapa, potensi wisata kuliner nusantara jadi salah satu faktor pendukung majunya industri pariwisata di Indonesia Akademia Jogja. Bahkan sektor kuliner udah berhasil jadi penyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) terbesar kedua di Indonesia setelah industri fashion.

Itu kenapa, Kemenpar akhirnya netapin 5 teratas destinasi kuliner di Indonesia. Dan ke-5 kota ini adalah Bali, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Bandung!

Apa aja sih yang jadi background keputusan ini, yang pasti dinilai dari kesiapan industri di masing-masing daerah itu buat pengembangan kuliner. Selain juga kebersihan dan ikon makanannya, sebut aja kuliner Gudeg yang terkenal dari Jogja. Kebersihan kota juga jadi dasar pemilihan karena ini yang nentuin apakah makanan yang disajiin itu higienis apa nggak, that’s why pemerintah bisa mastiin kalo makanan yang disajinn aman buat dikonsumsi.

Nah, spesialnya nih Ayam Betutu dari Bali dan Mie Jogja yang kepilih jadi ikon kuliner di antara 5 kota yang udah terpilih. Waaah bangga ya! Yuk, kita dukung wisata kuliner dalam negeri 😀

teks: falafu

sumber: detiktravel