Tips Membeli Oleh-Oleh Agar Tidak Tertipu

posted in: Jogjapedia | 0

oleh oleh jogjaSebaiknya sebagai wisatawan jangan langsung tergiur sama harga murah yang ditawarin, soalnya oleh-oleh yang harganya murah itu belom tentu kualitasnya bagus. Disarankan sih untuk wisatawan yang datang ke Malioboro, kalo ada tukang becak yang nawarin kamu untuk beli oleh-oleh, jangan langsung percaya. Kamu minta aja untuk langsung dianterin ke sentra oleh-oleh yang udah banyak dikenal orang. Emang nggak semua tukang becak di Malioboro itu menjerumuskan wisatawan, tapi sebaiknya sih wisatawan antisipasi sama hal yang kaya gini.

Sentra oleh-oleh di Yogyakarta lokasinya tersebar. Kalo kamu mau beli oleh-oleh bakpia, kamu bisa dateng ke daerah Pathuk. Untuk sentra gudeg, ada di daerah Wijilan, daerah ini udah terkenal banget di kalangan wisatawan yang mau ngerasain masakan asli Yogyakarta ini. Nah buat kamu yang mau nyari batik, Pasar Bberingharjo dan  Mirota Batik adalah dua tempat yang harus kamu datengin.

Sebelum kamu beli oleh-oleh, jangan lupa buat Tanya dulu harganya berapa, nanti takutnya ‘digetok’. Selain itu kalo kamu mau beli oleh-oleh lebih baik langsung di pusat atau sentranya, karna kualitasnya lebih bisa diandalkan. Jangan lupa untuk menawar harga, kecuali kalo kamu belinya di toko yang harganya udah pas ya. Kalo kamu bisa bahasa daerah setempat, hal ini bisa sedikit ngebantu kamu untuk proses tawar menawar lho! Kamu bisa Tanya informasi tentang pusat oleh-oleh di penginapan kamu pastinya 😀

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | Tribunjogja.com