TIDUR UDAH BANYAK TAPI NGANTUK TETEP, TAU KENAPA? INI JAWABANNYA

posted in: Depan | 0

ngantuk-swaragamafm

Pernah nggak sih ngerasa seharian ngantuk berat padahal perasaan baru aja ngabisin weekend dengan males-malesan tidur di kasur? Ternyata ini bisa kejadian bukan karena tidurmu belum cukup, tapi karena ada hal-hal yang terlewat kamu perhatikan yang dialamin sama tubuhmu.

Hormon nggak seimbang

Kamu udah pernah cek keseimbangan hormon belum? Kalo belum boleh loh sekali-kali dicek biar tahu. Soalnya nih, ternyata rasa capek dan ngantuk yang nggak abis-abis bisa jadi karena hormon di tubuh kamu yang nggak seimbang selama ini.

Kebanyakan kafein

Tiap ngerasa ngantuk ngopi, tiap ngerasa ngantuk ngeteh. Well, ternyata kebanyakan minum sesuatu dengan kafein tinggi justru bisa bikin stamina kamu menurun dan memicu kelelahkan berkepanjangan. Ini karena kamu maksa terus tubuh kamu buat bekerja melebihi batas kemampuannya.

Stres

Banyaknya tekanan hidup belakangan ini bisa jadi penyebab utama kamu selalu ngerasa ngantuk dan ngerasa luar biasa capek. Jadi coba deh take a little rest dari keseharian dengan pergi jalan-jalan.

Kurang gizi

Makan sih tiap hari kenyang, tapi yang kamu perhatiin cuma kuantitas makananmu bukan kulitasnya. Di dalam buku yang ditulis sama Cameron Diaz pernah ditulis, kalo sesuatu yang bisa kamu masukin mulut, kamu kunyah, kamu telen dan kamu cerna—belum tentu bisa disebut makanan. Itu Cuma sesuatu yang bisa kamu masukin aja ke dalam mulutmu, tapi nggak masuk kriteria makanan karena nggak bisa kasih manfaat apa pun ke tubuhmu. Dan kurang gizi bisa jadi penyebab utama kamu ngantuk terus.

Kurang cairan

Saking sibuknya kita suka lupa buat minum, minum air putih ya tapi bukan yang lain yang mengandung gula tinggi. Water aka air putih adalah salah satu elemen yang paling penting di tubuh kamu, jadi tanpa air yang cukup, sel-sel di dalam tubuh kamu ngga akan bisa bekerja optimal.

Males olahraga

Karena udah kurus jadi nggak pernah olahraga, that’s totally wrong. Apalagi kamu yang udah punya berat badan ngga ideal tapi masih males olahraga, itu lebih keterlaluan lagi. Tapi jangan olahraga kalo cuma pengen punya berat ideal, olahraga lah biar bisa punya tubuh yang sehat dan pikiran yang kuat. Karena orang yang jarang olahraga pasti bakalan letih, lesu, dan kaya nggak punya semangat buat hidup banget.

So, punya hidup yang berkualitas itu nggak cuma soal tidur udah cukup. Misal hari ini nggak tidur, terus bisa dibayar besok. Tubuh kita yang luar biasa ini mana bisa diperlakukan kaya gitu guys. Yuk, lebih hargai tubuh kamu–biar bisa kuat hidup sehat sampai anak cucu.

teks: falafu

source: sidomi