TIDUR MANGAP EMANG YAHUD, TAPI EFEK NEGATIFNYA AGAK IYUH NIH

posted in: Depan | 0

sleeping

Ya namanya tidur kalo udah pules sih mana ada mannernya ya :p justru kadang nih, ngiler bisa jadi tanda kalo tidur kita ‘enak’ banget, dan pas bangun rasanya puas hehehe.. tapi ternyata selama ini kita nggak tahu, kalo tidur mangap yang enak banget itu, punya pengaruh yang kurang oke nih buat dilanjutin jadi kebiasaan. Journal of Rehabilitiation Oral bilang kalo orang yang keseringan tidur mangap, kemungkinan besar mengalami kerusakan gigi. Soalnya pas kita tidur mangap, bakalan ada banyak udara yang masuk ke saluran napas lewat mulut, ini bikin air liur kita jadi kering dan kadar asam di mulut naik. The conclution is, gigi kita bakal ngalamin yang nama erosi, jadi gampang busuk. Agak iyuh ya.

Dampak jelek lain dari tidur mangap selain gigi rusak adalah kemungkinan kita bakalan ngorok, sleep apnea, asma, samapi halitosis. Kalo pada belum tahu apa itu halitosis, ini adalah kondisi di mana nafas yang keluar dari mulut kamu bau. Soalnya mulut kamu selalu terlalu kering pas tidur, yang bikin bakteri lebih cepet berkembang biak di dalam mulu. Another iyuh moment ya. Dan kenapa tidur mangap bisa bikin kamu asma, karena nafas yang masuk ke tubuh kamu nggak lewat hidung, tapi lewat mulut. That’s mean, banyak debu yang langsung masuk ke paru-paru, tanpa disaring lebih dulu lewat hidung. Ini yang bisa memicu sesak napas.

Jadi kayanya ada baiknya kalo mulai sekarang kita ingetin temen dan keluarga kita yang suka tidur mangap. Dan buat kita sendiri, biasain buat tidur dengan tinggi bantal yang sesuai, jadi kemungkinan buat mangap lebih kecil.

editor: falafu

source: sidomi