TARING PADI, EKSPRESIIN IDEMU DENGAN SENI

posted in: Jogjapedia | 0

Pernah lihat poster, karikatur, komik, atau lukisan yang hiasin tembok-tembok sekitaran jalan raya di jogja? Yang suka keliling di Jogja pasti sering ngelihat ini. Tapi, ada yang ngebedain dari karya seni ini dengan coret-coretan tembok lainnya, yaitu adanya pesan dan kritik dibalik lukisan ini, yang makin ngebuat penasaran siapa seniman yang ngebuat ini. Tidak lain dan tidak bukan adalah komunitas seni Taring Padi.

Taring Padi adalah komunitas independen seni dan budaya yang dibentuk pada tahun 1998.

Setelah turunnya Pak Suharto, komunitas ini ngehuni sekolah seni tua sebagai basecamp mereka. Di basecamp mereka, taring padi nyiptain lagu, seni dan juga teater yang bersifat kritis kepada pemerintah terhadap rakyat-rakyat jelata. karena bagi taring Padi, seni adalah wadah dan senjata untuk ngekspresiin ide-ide mereka kepada masyarakat kelas bawah.

AksiAdiliSoeharto

Nggak cuman nyiptain mahakarya saja, Komunitas ini juga ngebuat kegiatan budaya dan sosial buat masyarakat. Mereka ngundang masyarakat untuk tampil di pertunjukan budaya ngajak anak-anak belajar ngegambar, dan nyiapin acara buat kegiatan masyarakat seperti acara pernikahan dan musik keroncong.

Sampai sekarang, mereka masih aktif nyalurin ide-ide mereka melalui karya seni yang mereka buat. Solid banget komunitas satu ini.

Mikke Susanto WordPress|Ferdian