SPESIALNYA GREBEG MAULUD TAHUN DAL

posted in: Jogjapedia | 0

Grebeg Maulud Kraton Yogyakarta tahun ini akan sangat spesial karena bertepatan dengan Tahun Dal dalam kalender penanggalan Jawa. Karena Grebeg Maulud Tahun Dal akan mempunyai rangkaian acara yang lebih besar dari biasanya.

Salah satu rangkaian acaranya adalah prosesi ‘mbusanani pusaka’ atau mengganti kain yang dipakai untuk menutup pusaka-pusaka di Kraton Yogyakarta. Selain itu ada pisowanan di Bangsal Kencana yaitu Sultan HB X akan ‘miyos’ dan berada di Bangsal Kencana untuk menerima pisowanan dari kerabat, sentana dan abdi dalem pada hari Jumat, 1 Desember 2017.

Sementara, di hari Kamis, 30 November 2017 malam seperti biasa sebelum Kondur Gangsa, Sultan HB X akan berada di Masjid Gedhe Kauman untuk mendengarkan pembacaan riwayat Nabi Muhammad SAW.

Buat ritual Grebeg Maulud tidak berbeda dan hanya ditambah satu gunungan, tapi khusus Gunungan Bromo tidak diperebutkan bagi masyarakat karena selesai didoakan abdi dalem penghulu segera dibawa masuk ke dalam Kraton untuk dibagikan pada kerabat dan sentana dalem.

 

[KR JOGJA]