SOTO DAN SATE LEGENDARIS DARI KOTAGEDE

posted in: Jogjapedia | 0

Sate Sapi Karang Pak Prapto

Hmmm… kalau ngomongin kuliner itu emang nggak pernah ada habisnya ya Akademia Jogja. Apalagi kalau ngomongin kuliner di Yogyakarta. Duh, tiap hari ada aja bahasannya hehehe. Kuliner yang kali ini datang dari Kotagede yang terkenal sama kerajinan peraknya.

Soto Khas Kemasan 

Ini adalah daging soto yang sudah digemari dari tahun 1952. Kelezatan soto ini berasal dari kuah tulang sapi sebagai bahan dasarkaldu dan taburan daun kemangi. Harganya juga murah banget! Cuma Rp.10 ribu aja kamu udah bisa menyantap emangkuk soto dan satu tusuk satai. Warung ini ada di Jalan Ring Road Selatan, Singosaren, Banguntapan, Bantul dan buka dari jam 06.30 sampai 15.00 WIB.

Sate Sapi Karang Pak Prapto 

Lokasi sate ini ada di lapangan Karang, Jalan Nyi Pembayun, Kotagede. Pak Karyo si pemilik sate ini udah berjualan dari tahun 1950 yang awalnya cuma berjualan berkeliling sambil memikul sate. Penyajian sate ini emang agak berbeda, yaitu dilepas dari tusuknya dan disiram bumbu kocor. Sate ini disajikan bersama sepiring lontong sayur berkuah santan. Buat menikmatinya 1 porsi dengan 10 tusuk sate kamu perlu mengeluarkan Rp.22 ribu. Tapi, kamu bisa memesan porsi lebih kecil dengan 5 tusuk sate yaitu Rp.11 ribu, sedangkan lontong sayur dijual terpisah dengan harga Rp.6 ribu aja. Warung sate ini buka dari jam 17.00 WIB sampai 22.00, cocok banget buat wisata kuliner malam hari.

sumber: Beritagar | Teks: Denia | Pic: Santapjogja.com