SETIAP JAM 1 PEREMPUAN INDONESIA MENINGGAL KARENA KANKER SERVIKS, SHARE THIS TO YOUR LOVELY ONE

posted in: Depan | 0

tumblr_lh6hjwldtj1qa48t8o1_500

Maybe you don’t know yet, kalo ternyata kanker serviks adalah jenis kanker yang paling banyak diderita sama perempuan Indonesia. Bahkan, di Asia Tenggara sendiri, surprisingly ada di urutan pertama sebagai negara dengan jumlah kanker serviks terbanyak.

So, if you are a girl, or you boys who have many girls friends—even your mom, harus lebih aware sama kanker yang satu ini. Karena data Globocan di tahun 2012 aja udah nunjukin kalo setiap harinya ada 26 perempuan Indonesia yang meninggal karena kanker serviks, yang itu berarti setiap 1 jam, ada 1 perempuan meninggal karena kanker yang satu ini. So sad!

Kanker yang muncul karena Human Papilloma Virus (HPV) ini udah bikin setidaknya 42 ribu perempuan Indonesia meninggal selama kurun waktu 3 tahun aja. And FYI, menurut data INASGO National Cervical Cancer Registry tahun 2014, ada 7000 kasus kanker serviks yang diderita mayoritas sama perempuan usia produktif, yaitu kisaran 36-55 tahun. Jadi ada baiknya kamu (yang cewek) rajin deteksi dini munculnya kanker ini dengan ikut pemeriksaan IVA sama pap smear (buat yang udah nikah). Dan kamu (yang cowok) coba ingetin temen cewekmu atau bahkan kakak adik cewekmu dan juga ibumu buat rutin cek yah! Karena rata-rata perempuan Indonesia yang dateng ke dokter buat periksa, udah masuk stadium lanjut, padahal kanker serviks itu kanker yang bisa dicegah pake vaksin. Pengecekan dini buat kanker ini penting, soalnya infeksi HPV di serviks nggak ada gejalanya, bahkan pas udah jadi kanker aja, kadang penyakitnya nggak berasa. Jangan sampai pas periksa, ternyata kanker udah nyebar ke organ lain—yang biasanya bikin pasien jadi nggak tertolong. So, sebarin info ini yah buat perempuan yang kamu sayang!

Teks: falafu

Source: kompas