Sekilas Info SBMPTN 2015

posted in: Depan | 0

Masa SMA memang banyak kenangan yang nggak gampang dilupakan, tapi life must go on! Buat akademia Jogja yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, tentu hari ini adalah momen paling penting. Jangan nervous, tetap rileks dan lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Jumlah pendaftar SBMPTN tahun ini boleh naik 4,31 persen tapi semangat kamu harus nggak kalah naik sampai ke 100 persen, ya.

Keterangan dari konferensi pers pagi tadi (9/6/15) di Ruang Sidang Pimpinan, Rektorat UGM menyebutkan sebanyak 693.185 calon siswa dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri tahun ini. SBMPTN 2015 dapat diikuti oleh lulusan SMA/ MA/ SMK/ MAK/ Paket C/ homeschooling yang memiliki ijazah atau surat kelulusan tahun 2013, 2014, dan 2015. Ratusan ribu peserta tadi akan berjuang di medan seleksi untuk memperebutkan 99.223 kursi PTN.

Di Jogja sendiri sebanyak 37.963 calon siswa sedang duduk di kursi ujian. Jadi jangan heran ya kalau lalu lintas kemarin dan hari ini bakal lebih padat dari biasanya. Untuk ujian kelompok Saintek mengambil tempat di UGM dengan jumlah 16.295 peserta. Buat 17.522 peminat bidang Soshum menempati UPN, UNY dan 12 SMA, SMK, dan SMP di wilayah Kota Yogyakarta. Terakhir, 4.146 calon siswa dari kelompok ujian campuran diposisikan di UIN Sunan Kalijaga.

Calon siswa dengan kebutuhan khusus juga nggak luput dari perhatian penyelenggara ujian lokasi Yogyakarta lho. Teman-teman kita nanti akan dipandu oleh panitia pendamping yang bakal memastikan kelancaran ujian. Tercatat tiga peserta dengan kondisi tuna wicara sedang mengikuti ujian di UPN dan sisanya berjuang di UNY.

Buat kamu yang tertarik mengambil prodi seni dan olahraga, jangan lupa catat tanggal ujian keterampilannya, ya. Ujian ini akan dilaksanakan pada 10 dan 11 Juni 2015 di Universitas Negeri Yogyakarta. Well, selamat berjuang akademia Jogja, selamat datang di dunia perkuliahan!