SEJARAH PENYEBUTAN PEDAGANG KAKI LIMA

posted in: Depan | 0

Akademia Jogja, sadar nggak sih kalo ternyata di Indonesia tuh banyak banget istilah yang aneh dan unik tapi sering kita gunain?

Salah satunya, pedagang kaki lima. Istilah ini biasanya merujuk ke penjual yang gelar lapaknya di trotoar atau di emperan toko. Tapi kenapa ya bisa ada istilah ini?

Banyak yang bilang sih kalo istilah pedagang kami lima tuh karena pedagangnya banyak yang jualan pake roda tiga. Ditambah dua kaki pendorong gerobaknya. Jadi, ada lima ‘kaki’ deh! Hehehe. Tapi ternyata bukan ini alasannya.

Istilah pedagang kaki lima sendiri udah ada lamaaaa banget bahkan sejak masa kolonial Belanda. Jadi, waktu itu pemerintah kolonial minta dibangunin trotoar di setiap jalan raya. Nah, lebar ruas trotoarnya sendiri harus dibangun lima kaki atau kira-kira setengah meter.

Tapiiiii karena emang kebutuhan hidup ya, setelah merdeka, ruas jalan buat pejalan kakiki dipake pedagang buat jualan.

Makanya, muncul deh istilah pedagang kaki lima atau pedagang yang jualan di trotoar lima kaki. Gitu ceritanya.

Flo | tribunnews