SEJARAH LOGO TOMBOL POWER DARI PERANG DUNIA II

posted in: Pop News | 0

Tombol ‘Power’ ini pasti selalu di setiap alat elektronik, bener nggak Akademia Jogja? Sebenarnya, logo tombol ini nggak terbentuk begitu aja tapi melalui proses sejarah yang lumayan panjang.

Asal muasal logo ini adalah dari Perang Dunia II dimana para insiyur membuat mesin menggunakan sistem biner dan memberi label pada tombol powel. Bilangin biner ini sendiri terdiri dari dua angka yaitu 0 dan 1. Dalam sistem biner, angka 1 artinya hidup dan 0 artinya mati.

Pada saat itu, insiyur memberikan label angka 1 pada tombol untuk menghidupkan mesin dan label pada angka 0 untuk mematikan mesin. Seiring berjalannya waktu, tombol menghidupkan dan mematikan mesin dijaikan satu dan orang hanya perlu menekan satu tombol. Saat itu tombol power masih berbentuk lingkaran dan garis tegak lurus secara terpisah.

Setelah beberapa waktu, akhirnya simbol power dibuat menjadi lingkarang dengan garis tegak lurus di dalamnya. Pada tahun 1973, simbol itu diresmikan oleh International Electrotechnical Commission sebagai simbol untuk tombol power.

[HAI ONLINE]