Sate Klathak Pak Bari Rasanya Pengen Nambah Lagi

posted in: Food, Jogjapedia, Local, News | 0

Sate Klathak Pak Bari merupakan salah satu tempat kuliner “Kaki Lima” di jalan Imogiri Timur, Jogja nama Sate Klathak sendiri memang cukup unik dan membingungkan. Klathak diambil dari kata yang berasal dari proses pembakaran sate selalu mengeluarkan suara “Klethak Klethak” maka di ambil lah kata tersebut yang kini di juluki dengan nama Sate Klathak. Sate Klathak Pak Bari Imogiri ini menggunakan daging kambing muda yang sebagai bahan dari sate Klathak.

 

Uniknya proses yang pemanggangan sate ini tidak menggunakan tusuk sate dari bambu seperti pada umumnya, melainkan menggunakan tusuk sate dari rantai jeruji besi sepeda sebagai tusukannya.

 

Maksud dari Pak Bari menggunakan besi jeruji sebagai tusukan sate ini adalah besi merupakan salah satu konduktor penghantar panas yang cukup efektif sehingga pada proses pemanggangan menggunakan besi menghasilkan sate yang matang di bagian dalam maupun di luar. Unik dan efektif bukan.

 

Sate Klathak Pak Bari ini hanya menggunakan bumbu – bumbu tradisional dan garam sebagai pengganti kecap. Kemudian bumbu pendamping yang di gunakan sendiri tidak seperti sate pada umumnya yang menggunakan bumbu kacang atau irisan cabe rawit dengan kecap. Sate Klathak Pak Bari menggunakan kuah gulai yang tidak terlalu kental untuk bumbunya. Rasa sate Klathak Pak Bari memiliki sensasi tersendiri yang bercampur menjadi satu. Empuk, Gurih dan Meresap… Itulah rasanya ketika sate kambing ini ketika masuk ke mulut. Kenikmatanya tidak bisa diucapkan dengan kata – kata.