RECEH SIH, TAPI KALO ASAL DI-SHARE DI SOSMED BISA MEMBAHAYAKAN KEAMANANMU LHO!

posted in: Tips | 0

Main sosmed emang asyik yaa. Rasanya pengen gitu bagi semuanya ke temen-temen. Apalagi kalo udah dapet reaksi macem like, comment atau malah sekadar diliat banyak orang aja, pasti ada sensasi tersendiri yang bikin seneng.

Nah, reaksi inilah yang memicu kita buat nge-share apapun ke sosial media kita. Nggak salah kok kalo mau share, asalkan kamu tetep harus bijak dan waspada ya!

Contohlah ketika kamu upload foto boarding pass. Meskipun mungkin nanti bakalan kamu hapus, tapi tetep aja tindakan ini nggak boleh dilakukan. Sebab di boarding pass kamu ada kode booking yang bisa diretas sama pihak yang nggak bertanggung jawab. Kalo udah diretas, bisa-bisa identitasmu dipake buat hal yang enggak-enggak lho! Bahayanya lagi kalo peretas ini sampe tau data pribadimu, missal di kartu kredit, alamat sampe nomer telepon.

Sama kaya boarding pass, jangan sekali-kali kamu upload foto identitas pribadi di sosmedmu ya!

Selain itu, membagikan lokasi di sosial media juga perlu hati-hati ya! Emang sih, rasanya pasti pengen ngasih tau kepada dunia kalo kamu tuh lagi di suatu tempat. Tapi kalo kamu keseringan share lokasi di media sosialmu, orang jadi tau kamu tuh lagi di mana sih? Celah privasimu juga makin lebar, sehingga bisa jadi kamu malah dimanfaatin sama orang-orang yang nggak suka sama kamu.

Boleh aja kok main sosial media, tapi tetep harus hati-hati ya!

[boombastis]