PERPUSTAKAAN ALA BELANDA DI JOGJA

posted in: Jogjapedia | 1

Kalo kamu mau berkunjung ke jalan Malioboro, mungkin yang pertama kali ada dalam kepalamu adalah toko. Sama sekali nggak terpikir kalo ternyata di sepanjang jalan Malioboro yang dipenuhi becak, andong, dan juga pedagang kaki lima itu ada perpustakaan.

Tapi di sana emang ada perpustakaan kota lho, jadi kalo kamu masuk ke Jalan Malioboro tepat di sebrang jalan shelter Trans Jogja ada bangunan dengan tulisan  Library Center. Nah itu dia perpustakaannya.

Kamu nggak perlu bayar berapapun untuk masuk, cukup modal duit parkir aja. Di sini kamu bisa nemuin koran dari Jaman Belanda sampai hari ini waktu kamu baca artikel ini. Kamu bisa juga dateng dengan bawa laptop dan ngerjain skripsi atau tugas kamu di sini.

Sepintas dari luar bangunan ini emang keliatan kecil dan modern. Tapi waktu kamu masuk, bangunan ini justru Belanda banget, khas dengan atap tinggi, lampu gantung, dan perabotan yang fungsional yang kayunya masih bagus banget deh. Terbagi dua lantai, tapi kalo Masta sih lebih seneng ada di lantai dua karena tempatnya lebih luas dan nggak terlalu rame karena dengerin pegawainya ngobrol. Wkwkwkwk..

DOC

Jangan bayangin suasananya serame Mall Malioboro ya tapi, karena di tempat ini sepi dan suasananya cocok banget buat belajar. Bakalan betah deh kamu seharian di sini. Anyway, di perpus ini kamu bisa baca koran pake komputer jadi dia udah scan setiap koran lawas yang kertasnya rentan sobek buat dibaca lewat komputer. Bagian belakang perpus ini juga ada ruangan yang kadang digunain buat sekolah di sekitar Malioboro buat presentasi.

Perpustakaan ini buka setiap Senin-Sabtu. Senin-Jumat jam 08.00-16.00. Tapi khusus Jumat ada jeda untuk sholat Jumat ya. Kalo Sabtu buka dari jam 08.00-12.00 aja. Begitu. Silahkan berkunjung dan rasakan sensasinya.

Teks : Masta | Editor : Falafu