PECEL UNIK DI YOGYAKARTA YANG WAJIB DI CICIPI!

posted in: Jogjapedia | 0

Pasti kamu udah tau dong sama makanan tradisional yang bernama pecel? Di Yogyakarta sendiri, ada beberapa penjual pecel yang harus banget kamu cobain.

1. Pecel Bu Ramlan

nasi-gulai-sapi-pak-triyono-jogja_20151020_132755

Bu Ramlan ini udah berjualan pecel dan nasi sayur dari tahun 1983, kelezatannnya nggak perlu diragukan lagi dong ya? Kamu bisa menemui warung pecel yang satu ini di Jalan Laksda Adisucipto Km 6 No. 2 atau timur Hotel Ambarukmo. Bedanya pecel bu Ramlan sama pecel lainnya, pecel spesial ini rasanya cenderung ke gurih asin, so kalau kamu nggak terlalu suka manis, pas banget deh datang kesini. Kamu juga bisa memilih menu khas yaitu pecel telur, dengan harga Rp. 6 ribu aja 😀

2. Pecel Wader Pak Bejo

nasi-pecel_20150826_202648
Dari namanya pasti kamu udah tau kan apa keunikan dari pecel ini? Yap! Bener banget! Keberadaan ikan wader berukuran kecil yang digoreng kering sebagai lauk yang bikin pecel ala Pak Bejo ini unik. Kamu bisa membeli pecel disini dari jam 08.00 – 16.30 WIB.

3. Pecel Baywatch

pecel-baywatch-mbah-warno-2_20150607_155858
Nah, pecel yang ini udah pernah dibahas juga di website Swaragamafm. Letaknya cukup jauh dari pusat kota, yaitu di Dusun Semanggi, Kelurahan Sembungan, Kasihan, Kabupaten Bantul. Mbah Warno Pawiro yang sealu mengenakan kutang dan jarik dalam berjualan setiap harinya yang bikin para pembelinya mengidentikan beliau dengan pemeran serial Baywatch yang pernah ngetrend di Indonesia.

4. Pecel Kembang Turi Imogiri

bludnllceaepor_
Pecel yang udah mulai sulit ditemukan di tempat lain ini bisa kamu nikmati di are terminal Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Rasa kembang turi yang sedikit pahit cocok banget dikombinasikan sama beragam jenis sayuran dan pedas manisnya sambal kacang.

5. Pecel Warung Handayani

brongkos-pecel-dan-es-campur-handayani_20150808_143214
Warung ini ada di sebelah selatan ALun-alun Selatan Yogyakarta, tepatnya di Jalan Gading no.2 dan udah ada dari tahun 1975 memang terkenal sama olahan brongkosnya. Tapi, pecel yang dijual disini juga nggak kalah lezatnya! Rasa sambal kacangnya yang pedas manis khas pecel Jogja cocok banget dimakan bersama tempe goreng ataupun bergedel.

Duh, jadi laper nih 😛

Sumber: Tribun Jogja 

Teks: Denia