PAPERMOON THEATRE, TEATER BONEKA DENGAN CERITA SEJARAH GELAP

posted in: Jogjapedia | 0

Kalau ngebayangin tentang teater boneka, pastinya keinget sama acara TV Unyil dan Sesame Street yang selalu ceria dan berwarna. Tapi, apa jadinya jika teater boneka yang kamu kenal, punya jalan cerita yang kelam dan miris? Pikiran ini yang ngebuat Maria Tri Sulistyani dan suaminya, Iwan Effendi, ngebangun sebuah komunitas teater boneka yang nyeritain sisi gelap sejarah Indonesia. Mungkin kamu pernah dengar tentang komunitas ini. Yap, Papermoon Theatre Jogja.

Buat yang kamu belum tau, Papermoon Theatre Jogja adalah komunitas teater boneka yang ngegabungin unsur teater boneka anak-anak dengan pertunjukkan wayang kulit. Tiap boneka dimainin oleh satu dalang layaknya mainan boneka pada umumnya.

kom 3

Bahan cerita yang ada di Papermoon Theatre ini nyeritain penindasan, kekejaman, dan ketidakadilan, contohnya cerita G30SPKI pada tragedi 1965 dan masa suram di rezim Suharto. Sebab itu, banyak warga Indonesia tidak begitu ngedukung pertunjukan ini karena ngingatin sejarah pahit di negeri ini.

 Walau pun selalu dikecam dan didemo karena cerita yang dibawa terlalu provokatif dan ada unsur konspirasi, Papermoon dapat banyak apresiasi dari negara lain loh. Papermoon Theatre selalu diundang untuk tampil di panggung-panggung di luar negeri, seperti Singapura, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat, yang pastinya ngebuat harum nama Indonesia.

Papermoon Puppet|Ferdian