NGGAK KENAL SAMA MUKA TEMEN? HATI-HATI, BISA JADI KAMU KENA PROSOPAGNOSIA

posted in: Depan | 0

Kamu pernah nggak ketemu temen tapi kamu nggak inget sama sekali sama wajahnya? Sebenernya wajar aja sih, mungkin kamu pangling kali ya karena udah lama nggak ketemu. Apalagi kalau wajahnya bener-bener berubah. Misalnya, dari yang dulunya chubby eh sekarang tirus banget.

Eitsss tapi kalo kamu sering ngalamin ini, hati-hati lho. Ada baiknya kamu langsung konsultasi sama dokter.

Lho kenapa emangnya?

Iya, soalnya kamu mungkin bisa mengidap prosopagnosia, yaitu penyakit yang bikin seseorang sulit banget buat ngenalin wajah kenalannya. Biasanya kondisi ini juga dilengkapi sama aspek lainnya, misalnya usia, jenis kelamin bahkan emosi wajah seseorang. Malahan ada juga penderita prosopagnosia yang susah banget nentuin arah. Duh! 🙁

Meskipun mungkin udah kenal sejak lama, tapi penderita prosopagnosia tetep nggak bisa tuh ngenalin wajah yang dikenalnya itu. Soalnya ya emang ada kerusakan gitu di jaringan sarafnya, terutama di bagian otak.

Emang sih prosopagnosia ini penyakit langka, tapi bisa diatas kok. Paling nggak ya, kalo nggak bisa ngenalin wajah, kamu bisa ngenalin temenmu lewat cara mereka jalan, pakaian favoritnya atau suaranya.

Flo | beritagar