Museum Dirgantara Mandala

posted in: Jogjapedia | 0

dirgantara-4Museum Dirgantara Mandala adalah museum yang berlokasi di kompleks Lanud Adisutjipto dan dikelola sama TNI Angkatan Udara. Disini kamu nggak cuma bisa ngeliat tentang sejarah penerbangan dan dunia aviasi di Indonesia, tapi juga bisa ngeliat secara langsung koleksi alutista dan pesawat terlengkap di Indonesia.

B-26B_M-265

Museum yang punya 38 koleksi pesawat ini dulunya berlokasi di Jakarta, tapi karena Yogyakarta adalah tempat kelahiran TNI AU, akhirnya museum ini dipindah. Kamu bisa ngeliat koleksi foto, lukisan, tanda kehormatan, pakaian dinas, buku, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom, parasut, sampai diorama yang disusun berdasarkan kronologi peristiwa. Bagian yang paling asik di muesum ini adalah kamu bisa naik ke beberapa pesawat yang ada disana, kamu juga bisa menyewa seragam pilot dan berfoto ala pilot.

Jam kunjung:  Senin – minggu : 08.30 – 15.00 WIB

Tiket perorangan: Rp.3.000

Rombongan (30 ke atas): Rp. 2.000

Karena museum ini ada di lokasi kompleks TNI AU, setiap pengunjung wajib ngebawa identitas diri yang masih berlaku dan lapor ke petugas. Buat yang mau dateng bareng rombongan, kamu bisa menghubungi pengelola museum di 0274 484453.

teks: Denia | editor: Falafu