Museum Affandi Istana Sang Maestro

posted in: Jogjapedia | 0

Museum ini adalah seluruh bagian dari kehidupan Affandi sebagai maestro seni lukis. Kamu bisa liat karya-karya yang keren banget semasa sang maestro hidup, karya para pelukis lain yang ditampungnya, alat transportasi yang dipakainya dulu, rumah yang ditinggali sampai sebuah sanggar yang sekarang dipakai untuk membina bakat melukis anak.

Kompleks museum terdiri dari 3 galeri dengan galeri pertama sebagai tempat pembelian tiket dan permulaan tur. Galeri pertama yang dibuka secara pribadi oleh Affandi sejak tahun 1962 dan diresmikan tahun 1974 ini berisi lukisan Affandi dari awal berkarya hingga masa akhir hidupnya. Nggak cuma lukisannya, kamu juga bisa ngeliat beberapa barang berharga milik  Affandi dan mobil Colt Gallan tahun 1976.

Di galeri kedua, kamu bisa liat lukisan para pelukis, baik pemula maupun senior, yang ditampung di dalam museum. Galeri ketiga adalah bangunan berbentuk garis melengkung dengan atap membentuk pelepah daun pisang.

Di museum ini ada sebuah menara yang bisa digunakan sebagai tempat melihat pemandangan. Nah disini kamu bisa lihat panorama seluruh bagian museum, Sungai Gajah Wong sampai hiruk pikuk jalan raya. Sisi barat dari menara itu, kamu bisa lihat rumah berarsitektur unik yang digunakan Affandi sebagai tempat tinggal bersama istri dan anak.

Sebelum pulang, kamu bisa mampir di rumah abadi sang maestro yang wafat 23 Mei 1990, berada di antara Galeri I dan II. Rumah abadi Affandi berdampingan dengan rumah abadi milik sang istri. Halaman rumah abadi tersebut dihiasi oleh rimbunan pohon mawar.

Tertarik untuk tahu lebih banyak tentang museum ini? Museum ini terletak di Jalan Raya Yogyakarta-Solo, atau tepatnya tepi barat Sungai Gajah Wong buka dari hari senin-sabtu jam 09.00-16.00 WIB tapi di setiap tanggal merah, museum ini tutup. Untuk harga tiket anak-anak Rp 10.000 , harga tiket dewasa Rp 20.000, WNA Rp 50.000 dan buat kamu yang bawa kamera, kamu bakalan kena charge Rp 20.000 sedangkan kamera HP Rp 10.000

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | Yogyes.com