Menikmati Suasana Yogyakarta di Angkringan Lek-Man

posted in: Jogjapedia | 0

angkringanGampang banget buat kamu nemuin angkringan di wilayah Jogja, bahkan hampir di seluruh sudut Jogja ada pedagang angkringan.Dari sekian banyak angkringan yang ada di Yogyakarta ada beberapa angkringan yang cukup eksis dan legendaris, salah satunya adalah angkringan Lek Man.

Terletak di jalan Wongsodirjan atau sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta, angkringan Lek Man setiap hari pasti dipenuhi pengunjung. Kamu bisa nemuin banyak menu khas angkringan seperti nasi kucing, gorengan, sate usus, saten telur puyuh dan wedang jahe.

Tapi ada satu menu spesial di Angkringan Lek Man yaitu kopi jos. Kopi jos adalah kopi tubruk yang sebelum disajikan dikasih bara api.Kalo kamu seruput perpaduan rasa yang khas dan aroma terbakar ini menambah kekuatan rasa kopi.

Usaha angkringan ini udah ada sejak lebih dari 60 tahun yang lalu. Di angkringan ini ada gerobak klasik yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama buat manasin air yang nantinya dipake untuk buat minuman, dan satu bagian lagi untuk menata makanan. Waktu kamu mesen makanan, kamu bisa minta penjualnya untuk manasin makanan tersebut dengan cara dibakar di atas bara api.

Di sini kamu bisa memilih duduk di lesehan ataupun kursi untuk nikmatin malam di Yogyakarta sambil ngobrol bareng teman atau keluarga. Setiap harinya angkringan Lek Man buka dari jam 03.00 sore hingga 02.00 pagi.

Harga makanan dan minuman di angkringan ini bersahabat banget. Kopi Jos harganya hanya Rp. 4000, nasi kucing Rp. 2000, gorengan Rp. 500, jahe susu Rp. 5000, kepala ayam Rp. 4000.

Kalo kamu berkunjung ke Angkringan Lek Man sebaiknya kamu bawa uang receh karena banyak pengamen yang ada di sana 😀

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | Tribunjogja.com