MENDENGARKAN KEBANGKITAN MUSIK FOLK

posted in: Depan | 0

stars-and-rabbit-superbad-60-irockumentary-music-photography-5843

Musik punya arti penting buat hidup kita. Bukan lagi sebatas sarana hiburan, bahkan lewat musik yang kita sengaja kita dengerin atau cuma jadi pengisi karaoke sambil mandi kita, musik selalu punya caranya buat jadi sarana ekspesi diri. Berbagai genre musik bermunculan dari waktu ke waktu. Beragam platform yang memungkinkan kita mendengarkan musik juga mulai menjamur dan semakin mudah diakses, mulai Soundcloud, Spotify, hingga Joox. Kalo kita cermatin lagi, kebanyakan penikmat musik saat ini cenderung mendengarkan lagu-lagu populer yang kerap diperdengarkan. Lagu-lagu tersebut biasa disebut sebagai musik pop.

Di luar lagu-lagu pop yang saat ini sangat akrab dengan para penikmat musik, ada pula satu genre yang ngga kalah asyik untuk dinikmati. Musik folk. Ya, folk adalah salah satu genre musik yang saat ini sedang kembali bangkit. Barangkali, beberapa tahun terakhir dapat disebut sebagai era kebangkitan musik folk. Musik folk dapat digambarkan sebagai genre musik kerakyatan, dari segi lirik maupun instrumennya. Lirik lagunya kebanyakan bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang dekat dengan rakyat. Penggunaan instrumen pun sangat meminimalisasi  alat musik elektrik. Hal ini menjadikan musik folk sangat unik dan ringan di telinga.

Untuk kalian yang mulai bosan dengan lagu-lagu pop saat ini, kalian bisa mencoba mendengarkan lagu-lagu dari artist ber-genre folk buat selingan, guys. Biasanya musisi folk ngerilis karyanya secara independen. Itu kenapa, mereka sering juga disebut musik indie. Beberapa artist dengan genre folk yang cukup tengah naik daun saat ini di antaranya Silampukau dari Surabaya, Stars and Rabbit dari Yogyakarta, Endah N Rhesa, dan masih banyak lainnya. Karya mereka pun sudah bisa kalian akses dengan mudah via platform musik Soundcloud, Spotify, dan Joox.

Teks: nurul

Editor: falafu

Source: hai-online.com

Pic : irockumentary.com