KULINERAN SUPER PEDES DI JOGJA

posted in: Jogjapedia | 0
travelmatekamu
travelmatekamu

Makanan khas Jogja memang identik sama rasa manis nih Akademia Jogja, tapi itu bukan berarti orang Jogja asli nggak doyan sama taste pedas di dalam makanan—khususnya makanan di kulineran enak seputaran Jogja. Itu kenapa beberapa tempat kuliner yang nawarin masakan super pedas juga selalu penuh sama pengunjung.

Nah, kalo kamu juga salah satu orang asli Jogja, tinggal di Jogja, atau lagi main ke Jogja dan doyan banget pedes, berarti kamu nggak boleh kelewatan nyobain 5 tempat kuliner yang punya sensasi hot di bawah ini!

Penyetan Pak Kobis

Warung ini nggak cuma ada satu cabang aja di seantro Jogja, tapi kalo yang udah dikenal banget adalah yang punya lokasi di deket Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pak Kobis atau Mas Kobis buka dari jam 11 siang, dan bias tutup sampai jam 11 malam. Di sini kamu bisa ngegoreng sayur kubis yang jadi lalapanmu btw, itu mungkin kenapa namanya jadi Mas Kobis.

penyetan kobis
Tribun

Secara umum, warung Pak Kobis ini jual penyetan, bisa isi tempe, ayam, tahu, lele dan telur. Nah, yang special adalah kamu bisa request jumlah cabe yang bakalan diulek di sambal-mu. Ga usah malu-malu, banyak yang pesen dengan jumalah cabe di atas 25 butir, jadi teriak aja ke mas-nya ‘CABE 60, MAS!” he he he

Kalo main ke tempat ini kendalanya cuma susah nyari tempat duduk aja kalo lagi jam makan dateng. Dan hmmm.. agak kurang higienis sih, buat kamu yang jijik-an. But still, kalo kami mah cuek-cuek aja hehe.

Sate Petir Pak Nano

Doyan daging kambing dan rasa pedas? Hmmm berarti musti banget mampir ke tempat yang satu ini. Sate Petir nggak pake backsound JEGER JEGER ini udah terkenal banget sama rasa pedesnya yang menggelegar. Untuk level pedesnya ada dari level PAUD, Play Grup, TK, sampai ke level Profesor (awas bibir jangan sampe jedor ya).

sate petir

Kalo kamu gak doyan pedes dan nekat makan di sini, harus terima sindiran dari penjualnya, soalnya suka iseng ngejekin pembeli yang lagi kepedesan.

Entok Slenget Kang Tanir

Agak jauh sih emang lokasinya, buat yang tinggal daerah utara aja cukup ngos-ngosan naik motor sampai lokasi, apalagi kalo kamu yang tinggal deket tepian laut selatan. But believe us, it’s worth to try. Enthok yang satu ini endesss banget. Porsinya emang dikit, tapi makan nasi putih sama kuah enthok nya aja udah enak banget. Hahahaha…

travelmatekamu
travelmatekamu

Pedes? Sudah jelas, kalo kamu pesennya pedes. Keringetan udah kaya abis cardio 2 jam dilanjut Yoga. Rasa pedes yang diciptain dari cabe rawit dan merica-nya so yummy! Dateng lah ke sini saat sore hari menjelang, karena warungnya mengarah ke barat, kamu bisa liat langit sore yang kece sambil makan enthok slenget yang nggak kalah kece rasanya. Bukanya juga dari sore ya Akademia Jogja, jadi kalo dateng ke sini pagi, cuma ketemu ayam lewat nanti. Alamatnya di deket Pasar Pules, Donokerto, Turi, Sleman. Menu andalannya, jelas TONGSENG DAGING ENTHOK.

Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg emang biasanya manis. Jadi kalo sampe ada yang pedes, berarti kamu kudu banget nyoba. Gudeg Mercon Bu Tinah yang ada di Jalan Asem, Kranggan, Jogja ini punya menu krecek yang pedesss tapi enak.

gudeg mercon
kotajogja

Rasa pedes ini nih yang bikin Gudeg Mercon Bu Tinah spesial. Kamu bisa datengin lokasinya mulai dari jam 9 malam sampai jam 3 Pagi. Yaaa siapa tahu ada yang se-selo itu dateng pagi-pagi buta. Nama asli ibunya NGATINAH, sapa tahu kamu pengen ngajak kenalan :3

Oseng Mercon Bu Narti

Namanya juga oseng mercon, ya udah pasti pedes. Tapi mungkin kamu nggak tahu gimana ceritanya bisa dinamain oseng mercon hehehe. Jadi tahun 90-an awal warung oseng mercon Bu Narti ini sering jadi tempat kumpul seniman dan budayawan. Karena saking pedesnya menu oseng yang dibikin Bu Narti, tokoh budayawan Cak Nun sampe ngasih nama masakan ini oseng-oseng Mercon. Nama inilah yang akhirnya dikenal famous sampai sekarang. Fyi oseng mercon biasanya dibikin pake perbandingan 10:12, yaitu setiap 10 kilogram daging yang dimasak, dicampur sama 2 kilogram cabe rawit. Jenis dagingnya pun mulai dari kikil, gajih, dan daging sapi. Kebanyang dong ya HOTNYAAAA.

masteresep
masteresep

Oseng Mercon Bu Narti bisa kamu samperin di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Jogja. Bukanya dari jam 5 sore sampai malam. Boleh nih sekali-kali gebetan diajak makan di sini 😛

Jadi kapan nih mau jelajah kulineran pedes di Jogja? Kalau kamu juga punya tempat makan super hot lain di Jogja yang bisa dirokemendasiin ke pembaca lain, silahkan comment on box bellow yah!

 

falafu