KOTA GUDEG DARURAT NANGKA MUDA

posted in: Jogjapedia | 0

kota-gudeg-darurat-nangka-muda

Mungkin kamu selama ini nggak pernah kepikiran, dari sekian banyaknya penjual gudeg yang tersebar di kota Jogja ini, sebenarnya dari mana datangnya pasokan buang nangka buat mereka. Karena kalau kamu tengok ke kanan dan kiri, di Jogja ini termasuk jarang loh kita lihat pohon nangka.

Kebutuhan nangka muda di Jogja yang tinggi banget dikarenakan adanya makanan olahan khas Jogja yang terbuat dari nangka, apalagi kalau bukan Gudeg. Makanan khas Jogja yang satu ini yang selalu dicari wisatawan setiap berkunjung ke Jogja. Pokoknya, belum ke Jogja deh kalau belum makan gudeg, hehehe. Tapi, kebutuhan bahan baku nangka yang begitu banyak ini ternyata dipasok dari daerah Kebumen, Magelang, bahkan luar pulau Jawa, yaitu Lampung.

Banyaknya daerah di Jogja yang dijadiin pemukiman warga bikin pekarangan yang biasanya ditanam nangka jadi berkurang. Jogja yang berlabel kota gudeg malah nggak mampu memenuhi kebutuhan bahan baku gudeg. Dulu, Gudeg yang menjadi makanan khas Jogja muncul karena banyaknya tanaman nangka di Jogja. So, nenek moyang akhirnya berkreasi mengubah nangka muda jadi kuliner yang wueeenak banget itu. Tapi, dari kebutuhan bahan baku nangka yang super buanyak itu, Jogja justru malah kekurangan sumber dari dalam negerinya sendiri.

Kontributor : Syakuf Raik 

Pic: Syakuf Raik 

Editor: Falafu