KESERINGAN PAKAI TUSUK GIGI BISA BERBAHAYA BUAT KESEHATAN

posted in: Pop News | 0

Ada makanan yang nyangkut di sela-sela gigi sih emang nggak nyaman banget ya, Akademia Jogja. Salah satu solusi buat menghilangkan si sisa makanan ini biasanya memakai tusuk gigi. Tapi ternyata, keserimgan memakai tusuk gigi itu bisa sangat berbahaya buat kesehatan lho!

1.Gusi berdarah

Ujung tusuk gigi yang tajam ini bisa menyebabkan pendarahan di area gusi kalau kamu terus-terusan membersihkan sisa makanan.

2. Infeksi gusi

Terlalu sering membersihkan gigi memakai tusuk gigi bisa berakibat munculnya penyakit gusi seperti radang gusi, dan periodantis, yaitu kondisi saat gingivitis dibiarkan dan menjadi semakin parah.

3. Menimbulkan ‘ruang’ antar gigi

Karena terlalu sering, tusuk gigi yang mengorek sisa makanan di sela-sela gigi akan menimbulkan ruang yang lama kelamaan menjadi semakin besar.

4. Merusak enamel

Enamel adalah alpisan terluar dari gigi yang melindungi jaringan di bawahnya. Kerusakan ini bisa menyebabkan gigi berubah warna, gigi menjadi transparan dan menyebabkan gigi sensitif.

5. Perubahan gusi

Gusi bisa saja bergerak turun dari posisi sebenarnya karena terlalu sering dibersihkan. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan akar gigi yang menimbulkan sakit yang luar biasa.

[BRILIO]