Karya Yoko Ono Akan Hadir di ART JOG #8

posted in: Depan | 0

Akademia Jogja, ART JOG akan digelar kembali! ART JOG kembali hadir untuk  kali kedelapan pada 6-28 Juni di Taman Budaya Yogyakarta. Tema yang dipilih untuk tahun ini adalah Infinity in Flux: The Unending Loop that Bonds the Artist and the Audience. Yang spesial, karya dari Yoko Ono, pasangan mendiang John Lennon, akan dihadirkan di sini!

Tema tersebut dipengaruhi sekaligus ingin mengangkat gerakan artistik yang terbentuk pada dekade ’60-an, yaitu Fluxus. Gerakan itu diperkuat oleh seniman, komposer, dan desainer yang menggabungkan beragam media dan disiplin artistik; jaringan anti-seni yang bergerak dari ideologi dimana penonton turut menjadi bagian dari karya.

Pihak penyelenggara memastikan bahwa sejumlah karya Yoko Ono akan dipamerkan nantinya. Yoko Ono sendiri merupakan seniman yang sejak dahulu aktif dalam aliran Fluxus ini.

“Ada video berjudul ‘Sky Piece’, CD album Between My Head and the Sky dari Yoko Ono Plastic Ono Band, kotak ‘A Box of Smile’ yang aslinya dibuat oleh Yoko Ono pada 1967, sampai karya fotografi berukuran 140 x 90 cm,” ungkap Bambang Toko selaku kurator ArtJog kedelapan kepada Rolling Stone.

Sementara itu, beberapa nama dari dalam negeri yang direncanakan untuk pameran adalah Jay Subiakto, Garin Nugroho, Budi Pradono, Melati Suryodarmo, dan Heri Dono.

Penasaran? Iya, kami pun juga penasaran! 😀