Jogja Makin Padat dan Makin Macet

posted in: Depan | 0

Sebagai pengarung jalanan Jogja setiap harinya, akademia Jogja pasti ngerasain banget dong gimana lalu lintas Jogja yang semakin padat? Ya, Jogja udah macet dimana-mana. Meski gak separah Jakarta, namun kita juga perlu waspada karena angka pendatang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Makanya, buruan lulus kuliah ya, guys! Hihihi

Nah,berdasarkan data dari Ditlantas Polda DIY, jumlah mobil masuk terdaftar di DIY pada tahun 2014 ada 2.053.976 unit, angka ini naik dibandingkan tahun 2013 yang hanya 1.908.058 unit. Dari jumlah tersebut, 277.216 unit terdaftar di Kantor Bersama Samsat Kota Yogyakarta pada tahun 2014.

Dikabarkan juga dari Tribun Jogja kalau kendaraan hanya dapat melaju sekitar 15-20 km/jam dibanding periode sebelumnya yang mampu melaju sampai dengan 40km/jam. Padatnya lalu lintas ini juga semakin bertambah di kala weekend atau hari libur tiba. Secara garis besar ada penambahan 20-25% volume kendaraan pada waktu tersebut.

Dari data ini kemacetan memiliki tren yang akan semakin parah di tahun-tahun ke depannya. Duh, sedih banget dong ya kalo mau kemana-mana ahrus berhadapan dengan macet setiap harinya. Untuk itu, lebih baik akademia Jogja mengurangi menggunakan kendaraan bermotor, bisa bersepeda atau naik angkutan umum. Ya, berharap aja ya semoga angkutan umum di Yogyakarta bisa dibenahi oleh pemerintah sehingga warga Jogja bisa lebih mudah bepergian dan nyaman. 😀