Jogja Fact: Selokan Mataram

posted in: Depan | 0

Malam akademia Jogja! Hari ini yuk kita bahas tentang Selokan Mataram di Jogja Fact. Pastinya tempat ini punya fakta-fakta menarik mengingat Selokan Mataram merupakan peninggalan zaman penjajahan. Yuk, simak bersama!

Membelah Jogja

Selokan Mataram adalah selokan di bagian utara Yogyakarta. Selokan ini memanjang dari barat ke timur menghubungkan Sungai Progo dan Sungai Opak.

Sejak zaman penjajahan

Selokan Mataram sudah ada sejak jaman penjajahan Jepang., saat Jepang gencar-gencarnya menggiatkan kerja Romusha. Pembangunan Selokan Mataram ini atas usul Sultan HB IX untuk menyelamatkan warga dari Romusha. Daripada dikirim ke luar negeri, Sultan HB IX berpikir bahwa lebih baik warga membangun Jogja. Ia pun meminta pemerintah Jepang membangun Selokan Mataram agar tidak kekeringan.

Berdasar legenda

Pembangunan Selokan Mataram juga berdasar pada legenda ucapan Sunan Kalijaga bahwa Jogja bisa makmur jika Kali Progo dan Kali Opak bersatu.

Fungsi saat ini

Hingga saat ini selokan Mataram masih dijadikan sebagai saluran irigasi atau pengairan ratusan hektar sawah di Yogyakarta. Tak hanya itu, Selokan Mataram kadang juga dimanfaatkan sebagai lokasi olah raga adventure sampai lokasi memancing.