Jogja Fact: Sate Klathak

posted in: Depan | 0

Kota kita tercinta Jogja memang sangat kaya akan kuliner. Salah satu yang paling terkenal adalah Sate Klathak. Sudah pernah nyobain kan? Kelezatannya memang tiada tara. Nah, daripada hanya menikmati, yuk bahas juga fakta menarik dari sate satu ini!

Bahan dasar dan bumbu

Sate Klathak berbahan dasar daging kambing muda. Untuk bumbunya sangatlah sederhana, yaitu hanya dibumbui dengan garam saja.

Keunikan

Uniknya sate klathak? Jelas tusuk satenya! Berbeda dengan sate biasa, sate klathak menggunakan tusuk besi yang terbuat dari jeruji sepeda. Kenapa jeruji sepeda? Sate Klathak memakai jeruji sepeda sebagai tusuk satenya karena jeruji sepeda bisa menghantarkan panas yang baik sehingga daging matang dengan sempurna.

Teman makan

Sate klathak ini tidak menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecap tapi menggunakan semacam kuah gule yang light, tidak terlalu kental. Sedangkan yang khas juga dari sate klathak adalah minuman pendampingnya, yaitu wedang teh dan wedang jeruk gula batu

Lokasi

Sate klathak banyak terdapat di Jalan Imogiri Timur km 8, Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul, 4 kilometer ke arah selatan Terminal Giwangan.