Jogja Fact: Museum Affandi

posted in: Depan | 0

Halo akademia Jogja! Yuk bahas beberapa fakta menarik tentang museum pelukis paling terkenal di Indonesia, Museum Affandi

Kediaman Affandi

Museum yang terletak di jalan Laksda Adisucipto No. 167 ini dibangun pertama kali pada tahun 1962 oleh sang Maestro Affandi. Museum Affandi adalah rumah Affandi yang kemudian dijadikan museum. Merupakan salah satu museum lukis di dunia dengan penyimpanan terbaik.

Gedung pameran

Awalnya, selain menjadi rumah kediaman, Museum Affandi adalah gedung pameran karya Affandi. Baru pada tahun 1974, secara resmi dibuka menjadi museum oleh Dirjen Kebudayaan.

Koleksi

Di Museum Affandi, terdapat lukisan di atas kertas dan kanvas, dengan cat air, cat poster, dan cat minyak yang berjumlah 300 buah. Ada pula koleksi-koleksi pribadi Affandi yang unik dan bernilai seni tinggi di Museum Affandi ini. Salah satu contohnya adalah sepeda Reliegh kepunyaan pribadi Affandi keluaran tahun 1975.

Konsep gedung

Konsep gedung Museum Affandi  ini menyerupai lembaran daun pisang. Konsep gedung seperti ini adalah ide Affandi yang ia dapat dari pengalaman masa kecilnya.