Jogja Fact: Kampung Pecinan Ketandan

posted in: Depan | 0

Sekarang di Kampung Pecinan Ketandan ini lagi ada Pekan Budaya Tionghoa. Nah, biar lebih paham lagi tentang kampung pecinan unik satu ini, yuk kita bahas tentang fakta-fakta menariknya!

Bersejarah

Menurut sejarah, kampung Ketandan mulai menjadi permukiman etnis Tionghoa sejak masa penjajahan Belanda di abad 19 dan di  awal abad ke-20. Kampung Pecinan Yogyakarta di Ketandan ini adalah salah satu kampung Tionghoa paling bersejarah di Indonesia.

Letak

Kampung Pecinan Ketandan terletak di kawasan Malioboro, pusat kota Yogyakarta. Tepatnya, di utara Pasar Beringharjo. Sejak 2006, saat Imlek selalu digelar Pekan Budaya Tionghoa sebagai upaya pemerintah mempertahankan identitas Kampung Pecinan Ketandan.

Tempo dulu

Nuansa tempo dulu dan oriental mendominasi arsitektur bangunan di Kampung Pecinan Ketandan dengan karakteristik Tionghoa. Di Kampung Ketandan ada toko obat yang sudah lama ada yaitu “Toko Obat Bah Gemuk”. Menjual obat-obat tradisional Tiongkok yang sangat manjur. Sebagian besar warga Tionghoa di kawasan Pecinan Ketandan berprofesi sebagai penjual emas yang telah dijalani turun-temurun.