Jogja Fact: Candi Barong

posted in: Depan | 0

Halo akademia Jogja! Di Jogja ada banyak candi peninggalan prasejarah. Nah, kali ini kita akan membahas tentang salah satu candi tersebut, yaitu Candi Barong. Yuk ungkap fakta-faktanya di Jogja Fact.

Letak

Candi Barong terletak di perbukitan Batur Agung, tepatnya berada di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Nama

Dinamakan Candi Barong oleh penduduk setempat karena adanya hiasan kala di setiap sisi tubuh candi yang menyerupai singa atau barong. Nama asli dari Candi Barong ini sebenarnya adalah Candi Suragedug.

Keunikan

Tidak seperti candi lain pada umumnya yang memiliki ruang-ruang, Candi barong ini tidak mempunyai ruangan sama sekali di dalam candi.

Penemuan candi

Candi Barong dibangun sekitar abad ke-9. Ditemukan pada tahun 1913 dalam kondisi runtuh oleh seorang Belanda saat perluasan kebun tebu.

Bercorak Hindu

Candi Barong merupakan candi bercorak Hindu dan diperkiraan menjadi tempat pemujaan Dewa Wisnu dilihat dari arca-arcanya. Berbeda dengan candi lainnya di Jateng, Candi Barong merupakan bangunan punden berundak, model bangunan suci masa prahindu.