Jogja Fact: Brongkos

posted in: Depan | 0

Jogja memang super kaya kulinernya. Salah satu kuliner tradisional Jogja yang memiliki rasa khas adalah brongkos. Yuk bahas fakta-fakta dari brongkos yuk!

Sayur

Brongkos sebenarnya adalah sayur yang diracik dari berbagai macam bahan. Beberapa bahan-bahan tersebut di antaranya yaitu kacang tolo, kluwak, dan mlinjo.

Kombinasi lauk

Nah, brongkos biasanya dikombinasikan dengan bermacam lauk sesuka hati kita. Bisa dimakan dengan lauk ayam, daging sapi, ataupun lauk lainnya. Beberapa jenis brongkos juga menambahkan telur rebus. Telur rebus di brongkos punya tekstur yang berbeda. Karena dimasak lama, tekstur telur di brongkos menjadi makin padat.

Favorit

Meski kurang pamor dibanding gudeg, namun brongkos sering jadi favorit wisatawan asing lho! Menurut mereka yang sangat khas dari brongkos adalah rasa dari kacang tolo dan tahunya.

Kluwak

Bahan rahasia yang membuat brongkos berwarna kehitaman adalah kluwak. Kluwak ini adalah bahan yang sama dengan yang dipakai di masakan rawon. Bedanya, brongkos dimasak menggunakan santan sedangkan rawon tidak.

Mudah ditemui

Sayur brongkos bisa ditemui dengan mudah di Yogyakarta. Beberapa warung yang menjajakan brongkos yang terkenal ada di Pasar Tempel dan Pasar Pakem.