Jogja Fact: Belalang Goreng

posted in: Depan | 0

Gunung Kidul punya banyak keistimewaan. Salah satunya belalang goreng. Ada banyak fakta menarik lho tentang kuliner ini, yuk simak di JogjaFact.

Tidak sembarang belalang

Jenis belalang yang digunakan untuk dijadikan belalang goreng ini tidak asal sembarang belalang. Belalang yang digunakan adalah belalang kayu yang berwarna coklat.

Pengolahan

Cara pengolahan belalang goreng ternyata mudah! Pertama, belalang dibersihkan terutama di bagian sayap dan kaki bagian belakang. Kemudian belalang dicuci, direndam dengan bumbu khusus, lalu baru deh digoreng.

Rasa

Rasa dari belalang goreng ini mirip dengan udang goreng, bertekstur renyah, dan makin nikmat dimakan dengan sambal. Ada berbagai variasi rasa dari olehan belalang goreng ini. Mulai dari rasa pedas, pedas manis atau pedas asin.

Kaya protein

Nah, ternyata belalang goreng ini menyimpan sumber protein yang lebih baik daripda sapi atau ayam. Gak hanya itu, belalang goreng juga rendah kolesterol.

Murah meriah

Di Gunung Kidul, belalang goreng sangat mudah dijumpai, mulai dari di pinggir jalan sampai pasar dan rumah makan. Harganya juga murah, setoples hanya dibanderol seharga Rp20.000 hingga Rp25.000.