Jalan Satu Arah di Jogja Rencananya Akan Diperbanyak

posted in: Depan | 0

 

Setelah berhasil menerapkan jalan searah di Jalan C Simanjuntak dan Jalan Prof Yohanes Sagan, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta rencananya mau menambahkan jalan satu arah lagi nih, akademia Jogja. Dinas Perhubungan Kota Yogya sudah mengkaji tiga kawasan lain, yaitu kawasan Tugu, Lempuyangan, dan Kotagede.

Dilansir dari krjogja.com, pengkajian ini dilakukan oleh unsur pemerintah, akademisi, dan pelaku swasta. Nah, jadi atau tidaknya ini bergantung pada hasil pengkajian yang dilakukan. Kajian yang dilakukan itu antara lain menyangkut kondisi sosial, kapasitas kendaraan, beban jalan hingga sistem rekayasa lalu lintas di jalan lain yang terdampak penerapan satu arah. Selain itu, panjang jangkauan yang akan dijadikan satu arah juga sangat menentukan.

Di tiga kawasan yang sudah diincar tersebut, Jalan AM Sangaji, Jalan Lempuyangan, Jalan Kemasan serta Jalan Mondorakan lah yang rencananya akan diterapkan kebijakan jalan satu arah ini. Empat jalan tersebut dipilih karena kemacetan yang sering terjadi.

“Harapan kami, penerapan satu arah itu tidak menimbulkan kemacetan baru di lokasi lain. Jika terjadi kepadatan pun, itu sifatnya sementara akibat penyesuaian pengendara,” papar Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto.

Nah, gimana nih menurut akademia Jogja? Setuju gak dengan jalan searah ditambahin di Jogja? Yang jelas, kalau kebijakan ini jadi diterapkan, lumayan lah kita jadi punya kesempatan lebih banyak muter-muter Jogja. :p