Istilah Jilboobs yang Tenar di Media Social

posted in: Depan | 0

Istilah JILBOOBS mulai merebak di media social dan menjadi perbinjangan hangat. Sebutan ini memang ditujukan untuk perempuan yang menggunakan jilbab tapi hobi berpakaian ketat sehingga lekuk tubuhnya masih terlihat jelas.

Kata JILBOOBS sendiri merupakan pelesetan dari kata jilbab dan boobs (dada wanita). Menurut agama islam sendiri, memang seharusnya jilbab yang dikenakan cukup panjang untuk dapat meng-cover bagian dada wanita. Pakaian yang dikenakan pun tidak boleh ketat sehingga mempertontonkan lekuk tubuh.

Menanggapi fenomena ini, Sosiolog UIN Syarif Hidayatulla menyebut, rata-rata pemakai jilbab seperti ini adalah mereka yang baru belajar memakai jilbab. Musni menilai mereka tidak bisa terlalu disalahkan karena masih dalam proses berhijab. Tapi beliau menambahkan, alangkah baiknya secara pelan-pelan mereka memperbaiki busana sehingga syarii. Karena pakaian muslimah sebaiknya tidak menonjolkan hal-hal yang bisa memancing birahi dari laki-laki.

Punya komentar mengenai fenomena JILBOOBS ini? Silahkan tinggalkan komentarmu di box comment 😀

Anyway, FYI Jilbab sendiri kalau di Wikipedia punya makna busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Sementara kerudung sendiri di dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat di surat An Nuur ayat 31.

Tapi kalau di KKBI online , istilah Jilbab diartikan sebagai kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada. Dan makna inilah yang lazim dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Refrensi: yahoo.com, Wikipedia, kkbi online