INI LHO MAKNA ENDOG ABANG YANG DIJUAL DI SEKATEN

posted in: Jogjapedia | 0
kratonpedia

 

Selain permainannya yang menarik, Sekaten juga punya buanyaaaakk banget kuliner khas. Bahkan ada juga kuliner yang cuma ada dan dijual saat Sekaten aja. Salah satunya adalah endog abang.

Konon, makanan ini udah ada sejak gelaran Sekaten yang pertama kali lho! Lalu, apa sih makna yang ada di balik telur berwarna merah ini?

Makanan ini memang berbahan dasar telur ayam yang rebus. Nah, setelah itu, kulitnya bakal diwarnai merah dan ditusuk oleh ruas batang bambu. Biasanya sih, di tusuknua juga bakal dikasih potongan kertas yang udah dibentuk kaya bunga. Penjualnya sendiri kebanyakan adalah mbah-mbah.

Endog abang alias telur merah ini ternyata punya filosofi mendalam lho! Telur atau dalam bahasa Jawa adalah endog merupakan simbol kelahiran. Warna merahnya sendiri berarti kesejahteraan. Dan ruas bamboo yang dipake buat tusuk tuh artinya punya hubungan vertical dengan Sang Pencipta.

Jadi, sebenernya endog abang tuh artinya symbol kelahiran untuk kehidupan yang lebih baik dan sejahtera dan sesuai dengan garis yang udah ditentukan oleh Allah SWT.

Mungkin beberapa orang nggak tau kali ya makna makanan ini. Tapi seenggaknya, kamu bisa banget lho melestarikan budaya yang ada di Sekaten sejak dulu ini dengan membelinya. Yaaaa siapa tau dapet berkah gitu 😉

[jogja.tribunnews]