INI LHO GORENGAN TRADISIONAL YANG INDONESIA BANGEEET

posted in: Depan | 0

Emang ya, kebiasaan orang Indonesia tuh nggak bisa lepas dari makan yang goreng-gorengan. Apalagi jenis makanan yang  digoreng tuh banyaaaaak bangeeet. Termasuk makanan khas Indonesia yang satu ini.

  • Gandasturi. Sekilas bentuknya kaya bakpia yang dikasih tepung gitu hihihi. Apalagi isinya juga kacang hijau. Cuma ya bedanya, gandasturi ini dibalut sama tepung terigu atau tepung kanji.

gorengan1

  • Panada. Makanan satu ini bentuknya mirip pastel. Tapi bedanya, panada ini berisi ikan cakalang berbumbu pedas. Oya, panada ini sebenernya merupakan hasil asimilasi budaya Portugis lho. Soalnya di Portugis sendiri ada makanan yang bernama empanada. Bentuknya juga mirip sama panada.

gorengan2

  • Cucur. Kalo cemilan yang satu ini pasti udah nggak asing lagi dong? Yup, kue cucur ini biasanya jadi sajian di momen spesial, misalnya pernikahan atau perayaan. Karena terbuat dari beras, tekstur kue ini pun berasa kenyah di tengah-tengahnya. Rasanya manis dan agak gurih.

gorengan3

  • Gemblong. Bentuknya mirip lontong gitu ya karena lonjong. Bedanya, gemblong ini dibikin dari adonan beras ketan putih yang digoreng. Habis itu, baru deh dilumuri gula aren. FYI, di Jawa Timur makanan ini lebih dikenal dengan nama ‘getas’.

gorengan4

Jadi, kamu paling suka gorengan yang mana, Akademia Jogja?

Flo | beritagar