INI DIA FAKTA UNIK TAHUN BARU CHINA

posted in: Depan | 0

Sebentar lagi etnis Tionghoa yang ada di seluruh dunia bakalan ngerayain perayaan tahun baru China atau Imlek. Tapi, mungkin fakta-fakta unik tentang Imlek berikut ini belum kamu ketahui.

Uang Angpao 

Ternyata uang di masukin di amplop berwarna merah itu nggak boleh sembarangan, lhoooo… uang yang dimasukin ngga boleh mengandung angka 4 , yang dalam bahasa mandarin 4 berarti kematian, dan nggak boleh berjumlah ganjil. Soalnya ganjil itu identik sama pemakaman.

Dilarang buang sampah dan cuci baju

Masyarakat Tionghoa percaya kalau tahun baru itu nggak boleh ngebuang sampai ataupun mencuci baju, soalnya itu bakalan ngehilangin peruntungan selama setahun.

Nggak boleh shampoan

Selain dilarang ngebuang barang-barang, pas tahun baru China juga ternyata dilarang shampoan. Shampoan dipercaya bakalan ngebuat kamu kehilangan keberuntungan

Nggak boleh bersedih

Tahun baru harus dirayain dengan suka cita, jadi pas awal tahun baru nggak diperbolehkan menangis ataupun bersedih, soalnya bersedih diawal tahun dipercaya bisa ngalamin kesedihan sepanjang tahun.

Kembang api dan petasan

Selain buat ngemeriahin suasana tahun baru, keberadaan kembang api dan petasan punya filosofi tersendiri yaitu mengusir roh jahat.

Warna merah

Warna merah punya arti antusiasme, semangat dan keberuntungan. Itu kenapa warna merah adalah hal yang nggak pernah dilewatin pas perayaan tahun baru China.

Barongsai

Barongsai ngga cuma berfungsi sebagai hiburan aja lho, ternyata barongsai punya makna yang mendalam buat mengusir makhluk jahat dan berbagai hal negatif.

Brilio | Denia