E-TILANG PUNYA BEBERAPA KEUNTUNGAN YANG MEMPERMUDAH

posted in: Depan | 0

8994d8ec-5ca9-47ae-b252-dda1da607334_169

Pemerintah secara resmi sudah memberlakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas dengan sistem elektronik atau e-tilang, Jumat 16 Desember minggu lalu. Salah satu tujuan dibentuknya e-tilang ini pastinya buat menghilangkan praktik uang damai alias pungli sama sejumlah oknum. Nggak cuma itu aja, lho Akademia Jogja. Ada beberapa keuntungan dari e-tilang yang harus kamu tahu.

1. Mempersingkat durasi
Data pelanggar bakal di catat secara elektronik dan petugas nggak perlu lagi mencatatnya di buku tilang. So, Blanko tilang udah nggak jadi alat utama, tapi cuma sebagai cadangan. Lebih simpel dan mempersingkat waktu, kan?

2. Data tilang bisa lebih mudah diakses sama semua intansi terkait
Kalau dulu data cuma diketahui sama pelanggar dan polisi, sekarang semua intansi terkait bisa mengakses data tilang saat itu juga. Hal ini pastinya berguna sebagai sarana pengawasan, analisa dan evaluasi.

3. Masyarakat lebih mudah membayar
Namanya juga elektronik, bayarnya juga pasti bisa menggunakan media elektronik. Pelanggar bakal langsung mendapatkan besar denda tilang melalui SMS notifikasi atau email dan langsung bisa membayar melalui teller bank BRI atau transfer antar bank dan mobile banking.

4. Ada bukti pelanggaran berupa foto, film atau rekaman dalam aplikasi
Nah, buat pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara, petugas bisa mengambil bukti pelanggaran berupa foto atau video di aplikasi.

5. E-tilang terintegrasi sama Demerit Point System
Demerit Point System ini nantinya bakal diakumulasi dalam bentuk poin dan terkoneksi dengan proses perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Sumber: JadiBerita

Foto : CNN Indonesia

Teks: Denia