INI DIA 4 KAMPUNG DI SLEMAN YANG PUNYA PANTANGAN UNIK BAGI WARGANYA

posted in: Jogjapedia | 0

Lingkungan pedesaan emang masih kerasa di wilayah Sleman. Nggak cuma kerukunan antarwarga aja, tapi juga kepercayaan yang udah dilakuin turun-temurun. Salah satu kepercayaannya adalah pantang dilakuin sama beberapa kampung ini. Apa saja sih?

  1. Dusun Kasuran

Dusun ini terletak di barad daya Sleman dan masih masuk wilayah Desa Margomulyo, Seyegan. Di sini warganya punya kebiasaan unik, yaitu nggak pernah tidur pake alas kasur! Waduh, emang badannya nggak pegel ya? 🙁

kasuran

  1. Dusun Kregolan

Kampung ini ada di Margomulyo, Seyegan. Namanya sendiri diambil dari kata regol yang artinya pagar. Jangan heran ya kalo di sana kamu nggak bakal nemuin rumah berpagar. Soalnya warga di sana nggak mau kualat aja sama Mbah Siregol, pendiri kampong. Terus, mereka juga percaya kalo adanya pagar tuh malah cuma jadi pemisah hubungan antarwarga.

kregolan

  1. Dusun Ngino

Masih di wilayah Seyegan, dusun yang masuk wilayah Desa Margoangung ini punya larangan nggak tertulis yang diyakini sama warganya. Ya, warga di sana pantang nanem tanaman siri plus nggak bikin sumur. Duh, terus nyari airnya gimana ya? Yang jelas sih kalo dilanggar, warga takut bakalan kualat sama Mbah Bregas, sosok yang disegani saat itu.

ngino

  1. Dusun Beteng

Nah, warga di dusun ini punya pantangan bangun rumah berdinding tembok. Mereka lebih milih pake dinding kayu atau bambu gitu. Kenapa ya?

ngino-5

Ternyata pantangan ini erat kaitannya sama kisah perjuangan Pangeran Diponegoro lho. Jadi dulu, dusun ini dibangun benteng pertahanan gaib. Warga emang nggak bisa liat bentengnya tapi kalo ada pasukan belanda lewat kawasan Margoagung, mereka seolah ngeliat benteng besar. Ditambah lagi, siapapun yang nekat deketin benteng ini maka bakalan tewas. Duh serem juga ya 🙁

 

Sumber : krjogja

Gambar : krjogja

Teks : Flo