Hati-Hati Dengan Bukti Transfer!

posted in: Depan | 0

Oleh : Andin Rahmana P.

Siapa yang nggak senang kalau dapat email bukti transfer? Pikiran pertama kita pasti adalah, “Wah, ada transfer dari siapa dan dalam rangka apa nih?”. Kita begitu antusias untuk membuka emailnya, tapi ternyata tiba-tiba akun email kita mengirim otomatis email yang semua ke seluruh kontak di address book. Waduh, bukan malah dapat uang, tapi dapat komplain dari teman-teman!

Screen Shot 2015-03-03 at 10.02.15 PM

Beberapa hari ini Email “Bukti Transfer” sedang heboh di kalangan teman-teman Swaragama Group. Setiap orang di kantor menerima email yang sama, dan datang dari lebih dari 4 orang. Jadi, sebenarnya ada apa dengan email ini?

Dapat Dikategorikan Malware

Email Bukti Transfer ini ternyata sebuah malware jebakan batman untuk mencuri password email dan mengambil alih kendali email yang membukanya. Modus yang digunakan adalah phising, yaitu membuat halaman palsu seolah-olah adalah halaman sign in. Modus ini juga menggunakan social engineering, karena malware memanfaatkan keingintahuan manusia tentang konten / informasi yang mereka gunakan sebagai samaran.

Ketika menerima dan membuka attachment dalam email “Bukti Transfer” ini, pengguna akan melihat tampilan seperti harus login kembali kedalam email, yang sebenarnya adalah halaman palsu. Dari halaman palsu ini, bila kita memasukkan username dan password email, maka malware ini akan mengambil alih akun kita dan mengirimkan hal yang sama ke seluruh akun agar menyebar lebih luas.

Screen Shot 2015-03-04 at 9.17.31 AM

Mencegah Dan Mengobati

Daripada terlanjur malu karena email ini menyebar ke semua orang, ini dia langkah-langkah untuk mencegah kamu terkena malware Bukti Transfer :

  1. Jangan sembarangan membuka email dan attachment. Bila tidak yakin dengan isinya, lebih baik tidak perlu dibuka.
  2. Selalu cek alamat di address bar, sebelum kita memasukkan username dan password (baik email, internet banking, social media, dll)
  3. Bila sudah terlanjur menyebar, segera ganti password dan kirimkan email untuk mohon tidak membuka email Bukti Transfer sebelumnya.

Screen Shot 2015-03-03 at 10.09.52 PM

Cek dulu alamat login halaman email

Screen Shot 2015-03-04 at 9.07.13 AM

 

Semoga bermanfaat! Semakin berhati-hati dengan apa yang ada di internet ya.