HAL YANG BIASANYA NGGAK DIKETAHUI SAMA SI PEMINTA OLEH-OLEH

posted in: Depan | 0

“Kalau saya travelling, saya paling anti memberi tahu banyak orang tentang rencana kepergian saya. Soalnya mereka akan bilang oleh-oleh, ya,”  ujar Trinity, seperti yang tertulis di Naked Traveler.

Hayooo ngaku deh siapa yang sering nitip oleh-oleh sama temen? Emang sih, “nitip oleh-oleh” ini udah jadi kebiasaan yang wajib dilakukan ketika ada temen atau kamu yang mau bepergian. Nggak salah kok, tapi ada baiknya kamu harus tau beberapa hal berikut ini.

  • Sebenernya sih nggak masalah kalo bilang “Jangan lupa oleh-oleh ya!” tapi nggak maksa juga keleus. Apalagi kalo sampe nodong kaya mau ngrampok 🙁 Hadeeeh plis deh. Toh, kalo memang posisi kamu sebagai orang yang dekat atau orang spesial bagi mereka-yang-mau-bepergian, pasti bakal dikasih kok. Apalagi kalo kamu suka nolongin orang, suka bayarin makan pas lagi tanggal tua, suka bantuin garap tugas, kalo tuh orang lagi plesiran biasanya bakal dikasih kok. Itung-itung balas budi. Hahaha
  • Kadang orang yang demen minta oleh-oleh tuh nggak tau perjuangan orang yang mau plesiran. Apalagi, nggak semua orang yang suka travelling itu banyak duit lho. Misalnya aja mereka kudu booking tiket murah berbulan-bulan sebelumnya, 3 bulan makan nasi telor atau indomie mulu. Bahkan ada yang rela jomblo demi biar duitnya nggak buat malem mingguan 🙁
  • Bukannya nggak mau dititipin oleh-oleh, tapi inget-inget aja kalo yang namanya nitip itu bukan berarti gratis ya. Coba deh, kamu juga nitip uang sejak awal, sebelum keberangkatan mereka. Nggak ada ceritanya maksa nitip barang tapi uangnya belum dikasih. Eh pas barangnya dateng, sok-sokan lupa 🙁 Ini sih nggak tau diri namanya hehehe
  • Yang paling penting sih ikhlas ya. Kalo dikasih oleh-oleh ya Alhamdulillah, kalo enggak ya udah. Soalnya sering banget nih, ada kasus di mana persahabatan jadi renggang cuma karena nggak kebagian oleh-oleh. Lah, drama 🙁

Begitulah, Akademia Jogja. Jadi, jangan dibiasain minta oleh-oleh ya. Apalagi kalo pake sistem paksa yang bikin orang jadi kesal dan repot karena permintaanmu yang nggak biasa.

Teks : Flo