GUA JEPANG PARANGTRITIS

posted in: Jogjapedia | 0

GOA JEPANGGua Jepang Parangtritis ini beda sama goa lainnya, soalnya lebih cocoknya disebut bunker karena emang bentuknya kaya tempat persembunyian yang dibuat sama manusia. Gua ini berlokasi di Dusun Nngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong sekitar 20 km kea rah tenggara Bantul.

Gua Jepang adalah peninggalan Perang Dunia II lho, dan  gua ini adalah sarana militer Jepang tahun 1942-1945. Terutama buat ngelawan Sekutu yang diperkirakan bakal dateng lewat jalur laut selatan dan mendarat di sekitar pantai Parangtritis.

Di kawasan gua jepang ini ada 18 bangunan bunker yang rata-rata masih utuh bangunannya. Bentuk bunker ini juga macem-macem, sesuai dengan fungsinya, misalnya untuk tempat pengintaian, ruang tembak, ruang pertemuan, gudang, dan dapur.

Kamu wajib banget nih dateng ke tempat ini, karena selain kamu bisa ngeliat bunker-bunker yang ada di tempat ini, kamu juga bisa nikmatin pemandangan bukit dan pantai selatan yang pastinya manjain mata kamu banget 😀

Ada beberapa hal juga yang harus kamu perhatiin yaitu jalan menuju ke lokasi yang emang agak rusak. Tapi kondisi ini bakal terobati kok sama pemandangan yang cantik banget pas kamu nyampe di lokasi 😉

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | yogyes.com