Fransoa, Band Prancis Nyanyikan 43 Makanan Indonesia

posted in: Depan | 0

Akademia Jogja bisa ngebayangin gak ada bule nyanyi lagu yang isinya nama-nama makanan Indonesia? Nah, gausah dibayangin, karena hal tersebut memang ada dan nyata! Fransoa, band dengan penyanyi orang Perancis menyanyikan lagu dengan lirik 43 jenis nama makanan khas negeri kita.

“Betutu, bakso, ayam bakar, kare, ikan goreng, ikan bakar, karedok, ketupat, krengsengan bumbu, krupuk, aku mulai lapar,” demikian lagu itu dibuka oleh vokalis yang berpenampilan sangar. Lagu beraliran punk rock itu berdurasi empat menit, dan videonya dipublikasikan di YouTube oleh akun FRANSOA INDONESIA. Diunggah pada 15 Januari 2015, sampai saat artikel ini ditulis, video itu sudah mendapat perhatian sebanyak 282,959 kali.

Lagu tersebut diberi judul “Aku Lapar” dan ditulis serta dinyanyikan oleh Fransoa sendiri, warga asal Perancis yang sudah lama tinggal di Indonesia. Fransoa menjelaskan, lagu itu digubah dari lagu Perancis “Ca Plane Pour Moi” dengan komposer musik oleh Lou Deprijck. Yang menarik lagi, dalam video tersebut, di leher vokalis terlihat kalung dengan bandul gemerlap (bling-bling) bertulis Krupuk.

Krupuk-1024x570

Dalam keterangannya, dia menuliskan, ini lagu pertama di dunia dengan 43 makanan tradisional Indonesia saja. Juga dikatakan kalau video ini bukan untuk tujuan komersial. Video “dibuat dengan cinta dan teman-teman dan bantuan sponsor dermawan”, tulis Fransoa dalam keterangan video YouTube.