Foto di Atas Jembatan Progo

posted in: Jogjapedia | 0

Halo Akademia Jogja, kamu tau nggak? Ada jembatan kecil dari bambu di atas Kali Progo sebagai penghubung dua desa di dua kabupaten? Tepatnya yaitu Mangir, Sendangsari, Pajangan di Bantul dengan Ngentakrejo, Lendah di Kulonprogo.

Jembatan ini cuma ada saat musim kemarau doang lho! Dan sekarang udah mulai menarik banyak pengunjung juga buat ngeliat jembatan ini. Jembatan ini terbilang cukup ekstrim karna lebarnya kurang lebih hanya satu meter dan nggak ada pembatas di sisi kanan kirinya.

Walaupun ekstrim, jembatan ini ramai dilewatin sama masyarakat yang mau nyebrang. Karena cuma bisa dilewatin satu kendaraan dalam satu arah, penyeberang harus rela bergantian supaya nggak berpapasan di tengah kali yang pasti bakalan membahayakan. Kamu juga harus jaga keseimbangan untuk jalan lurus diatas jembatan ini, ekstrim tapi seru ya kayanya.

Suradi, warga Ngentakrejo yang biasa mengelola jembatan ini mengungkapkan kalo jembatan  bambu ini baru dibuat sekitar dua bulan lalu olehnya dan teman-temannya saat musim kemarau dimana debit air Kali Progo mulai turun. Jembatan ini cuma ada waktu musim kemarau, kalo musim hujan warga sini nyebrang pakai perahu. Warga yang mau nyebrang harus membayar Rp 2000 untuk uang perawatan jembatan ini.

Ada fenomena menarik yang terjadi pada tahun ini, Jembatan atau Sesek Mangir ternyata banyak dikunjungi anak muda pada akhir pekan. Mereka datang bukan untuk menyeberang, tapi untuk berfoto ria di atas jembatan tersebut.

Jembatan bambu yang asri di atas hamparan air aliran Sungai Progo saat kemarau yang cukup tenang emang jadi kombinasi yang menarik untuk diabadikan dalam gambar.

teks : @woroAnggi | editor : @falafu | Tribun Jogja