FILM ANIME BERHENTI TAYANG DI BIOSKOP INDONESIA?

posted in: Movie, Pop News | 0

Kalau kamu termasuk yang pecinta film anime, siap-siap buat khawatir nih. Distributor spesialis film-film anime, CBI Pictures terancam tidak bisa berkesempatan lagi mengimpor film-film anime dari Jepang.

Bukan tanpa alasan CBI Pictures menghentikan distribusi film anime untuk diputar di jaringan bioskop Indonesia, seperti CGV Cinemas.

Beberapa hari lalu, diketahui sebuah akun instagram pecinta anime, melakukan pembajakan film dengan cara menayangkan secara langsung film “No Game No Life: Zero” melalui akun instagramnya.

Pic via CGV.ID

Sebagai bentuk kekecewaan atas terjadinya tindakan perekaman ilegal ini, CBI Pictures selaku distributor film tersebut, memberikan pengumuman melalui akun sosial medianya, kalau mereka berencana menghentikan distribusi film-film anime untuk diputar di jaringan bioskop Indonesia. Tidak hanya itu, CBI Pictures juga akan menunda dan bahkan terancam membatalkan film-film anime yang sebenarnya sudah mendapatkan jadwal tayang di bioskop Indonesia.

Pic via FB CGV ID

Satu film yang dipastikan menjadi korban dari kejadian ini adalah film “Fate/Kaleid” yang harus ditunda penayangannya di bioskop.

Pic via themoviedb

Belum diketahui tindakan apa yang akan dilakukan oleh CBI Pictures terhadap akun instagram tersebut. Namun yang jelas, tindakan penayangan ilegal yang dilakukan oleh akun instagram tersebut melanggar UU no 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta dan UU no 11 tahun 2008 tentang ITE. Pelanggaran UU tersebut akan dikenakan hukuman penjara 10 tahun dan atau denda Rp 4 miliar. (dimasdan)