Festival Musik Tembi, Mencari Identitas Musik Indonesia

posted in: Jogjapedia | 0

Akademia Jogja, pada 21-23 Mei kemarin, Festival Musik Tembi (FMT) 2015 sukses dihelat di Tembi Rumah Budaya yang menampilkan beragam band dan kelompok musik tradisi untuk mengapresiasi kekayaan musik Nusantara.

tembi 9

Pada tahun kelimanya ini, FMT telah menemui beragam karya musik kreatif, baik secara genre, bentuk, maupun daerah asal musisi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Berangkat dari perjalanannya, FMT 2015 berinovasi dengan mengangkat tema “Jalan-Jalan”, dan berharap bahwa khalayak bisa mengetahui, mengenal, serta melihat langsung kekayaan musik dan kebudayaan negeri ini.tembi 4

Frans Sartono, wartawan musik senior yang bertindak sebagai pembicara memaparkan bahwa banyak musisi Indonesia yang bermain di luar negeri menemui kesulitan ketika mereka diminta harus memainkan musik asli Indonesia.

“Yang dilakukan FMT ini sedang berproses mencari musik beridentitas indonesia. Itu dialog musik yang harus terus menerus dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Etnomusikolog Rizaldi Siagian menjelaskan bahwa dalam menciptakan musik yang beridentitas Indonesia tidak akan lepas dari pengaruh kebudayaan populer yang mewarnai musik dunia.

tembi 8

“Keinginan kita untuk menciptakan repertoar-repertoar ini tidak akan lepas wacana kebudayaan musik populer yang mewarnai dunia, tapi kita bisa mencari pendekatan untuk musik asli Indonesia dengan menggali lapisan sejarah artistik musik Indonesia,” paparnya.

Dalam festival ini juga diberikan penghargaan Musik Tradisi Baru 2015.